Sambut Ramadhan, Slawi FM Gelar Lomba Kultum Bertema Lingkungan Hidup

Slawi, Kabar Tujuh – Menyambut bulan penuh berkah, yaitu bulan Ramadhan 1445 H tahun 2024, Yayasan Rumah Pelopor Kepedulian Nusantara (Rukun) Kabupaten Tegal melakukan gebrakan dengan mengadakan kegiatan bernuansa islami yakni Lomba Ceramah Agama (Kultum) Bidang Lingkungan Hidup dengan tema Menyelamatkan Bumi, Peran Penting Pengelolaan Sampah dalam Pembangunan Berkelanjutan di Radio Slawi Fm, Rabu (6/3).

Panitia Pelaksana Lomba Ceramah Agama (Kultum) bertema Lingkungan Hidup Hendrik Bachrum menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian puncak peringatan Hari Pengurangan Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024.

Menurut host terbaik di Tegal Bung Tri Wiharjo (58) sebenarnya yang menjadi spirit dalam perlombaan ini adalah bagaimana membangun kesadaran kolektif masyarakat yang peduli terhadap lingkungan, Sehingga jargon yang pernah didengungkan oleh mantan Bupati Tegal Hj. Umi Azizah bahwa ”Sampahmu adalah tanggungjawabmu” dapat menjadi pengingat dan pembiasaan di tengah masyarakat, ujarnya.

Lomba Kultum bertema tentang Lingkungan Hidup tersebut diselenggarakan oleh Yayasan Rumah Pelopor Kepedulian Nusantara ( Rukun) bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal dan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Slawi Fm 99,3 dan disiarkan setiap hari selama bulan Ramadhan 1445 H, sehabis duhur, ujarnya

Melihat keterbatasan waktu jam tayang selama ramadhan dibanding antusiame peserta membludag , panitia membatasi jumlah peserta sesuai kuota yang diberikan oleh Radio Slawi Fm yakni sebanyak 33 orang saja, ujar ketua Panpel.

Peserta lomba kultum berthema lingkungan dibagi dua kategori yaitu Kategori Remaja usia 12 – 24 tahun dan Kategori Dewasa usia 25 tahun ke atas. Masing – masing kategori ada Juara 1, 2 dan 3 serta satu orang Juara Favorit. Pemenang selain memperoleh hadiah berupa uang, akan diberikan sertifikat dan parcel.

Hendrik berharap agar kegiatan yang dimotori para penggiat lingkungan Kabupaten Tegal khususnya Yayasan Rukun kiranya dapat membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan sekitarnya, ujarnya.

(Herman Mo)

Penulis: Herman MoEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *