Ribuan Ikat Kangkung Hidroponik Sukses Dipanen di Lahan Sempit open camp Rutan Negara


Negara, Kabar tujuh – Di area open camp, Rumah Tahanan Negara Kelas IIb Negara melalui kelompok kerja (pokja) Perkebunan kembali mendulang sukses panen kangkung hidroponik. Budidaya kangkung hidroponik pada pokja perkebunan telah berlangsung kurang lebih sejak satu tahun lalu. Memanfaatkan lahan hidroponik seluas 5×9 meter di atas kolam ikan patin, sebanyak 250 bibit kangkung berhasil ditanam di atasnya. 


Kendati lahan sempit, ribuan ikat kangkung hidroponik berhasil dipanen. “Rencananya hasil panen kali ini akan dijual bagi masyarakat maupun petugas Rutan dengan harga Rp. 3000/ ikat,” terang Satrya Dharma petugas pengelola pembinaan kemandirian Rutan. 


Selain kandungan vitamin yang melimpah seperti vitamin (a,b,c, dan k), natrium, kalium, zat besi, asam folat, dan lain-lain, bentuk kangkung yang segar dan subur menarik minat pembeli sehingga 1000 ikat kangkung laris terjual baik oleh petugas dan masyarakat.


“Saya kebetulan tinggal dekat dengan Rutan jadi biasanya kalau ada panen pasti diinformasikan ke saya. Saya sering beli sayur, telur pake saya jualan nasi. Soalnya di sini (Rutan) seger-seger dan lebih murah dibanding di pasar,” tutur Ibu Anis yang kerap berlangganan.


Selanjutnya pembibitan kangkung hidroponik ini akan tetap dilaksanakan di atas lahan tersebut oleh empat orang Warga Binaan Pemasyarakatan dalam pokja perkebunan dengan pendampingan petugas pengelola kemandirian. 


“Perawatan kangkung ini tergolong cukup mudah dengan memanfaatkan saluran pengairan dari kolam ikan patin di bawahnya. Sehingga kangkung ini dipastikan aman dan sehat untuk dkonsumsi”, tutup Satrya Dharma. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *