Ratusan Gram Sabu dan Ribuan Pil Koplo Dimusnahkan Kejari Jembrana 

Keterangan Photo : Kajari di dampingi Kapolres Jembrana saat pemusnahan barang bukti

Jembrana, Kabar Tujuh – Sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam penuntasan perkara yang telah berkekuatan hukum tetap, Kejaksaan Negeri Jembrana melakukan pemusnahan barang bukti Perkara Tindak Pidana Umum (Tipidum) yang telah diputus Pengadilan Negeri Negara Kabupaten Jembrana, Rabu (6/13) pagi, di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Jembrana.

 

Pelaksanaan pemusnahan barang bukti, tampak dipimpin langsung Kapala Kejaksaan Negeri Jembrana, Salomina Meyke Saliama, yang dihadiri Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana serta sejumlah pejabat penting lain nya.

 

Sebelum pemusnahan barang bukti berlangsung, kegiatan diawali laporan dari Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R) Kejari Jembrana, Ni Wayan Mearthi SH.

 

Kajari Jembrana mengatakan, pemusnahan Barang Bukti Tipidum dilakukan tidak terlepas dari tugas dan wewenang Kejaksaan khususnya Jaksa sebagai Eksekutor dalam pelaksana Putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap (inkracht).

“Hari ini Kejaksaan Negeri Jembrana musnahkan puluhan barang bukti Perkara Tipidum yang telah diputus Pengadilan Negeri Negara Kabupaten Jembrana, dengan cara di bakar dan di blender diantaranya Narkotik jenis Sabhu dan ribuan Pil Koplo.” Jelasnya.

 

Ditambahkan, kegiatan pemusnahan barang bukti merupakan bentuk pertanggungjawaban kejaksaan dalam penuntasan perkara. Maka dilaksanakan pemusnahan barang bukti di hadapan para stake holder, tambahnya.

 

Diketahui, pemusnahan BB tercantum dalam ketentuan Pasal 270 KUHAP dan dalam Pasal 30 Ayat (1) huruf b UU RI No. 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan RI yang saat ini menjadi tugas dan tanggung jawab dari bidang Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan yang telah dibentuk oleh Jaksa Agung Republik Indonesia.

 

Sementara itu, Kasi Intelejen Kejari Jembrana, Fajar Said mengungkapkan bahwa, Pemusnahan Barang Rampasan pada Kejaksaan Negeri Jembrana yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht) dari Bulan Agustus hingga Bulan November Tahun 2023 dengan total perkara yang barang bukti nya dimusnhahkan sebanyak 25 perkara dengan klasifikasi perkara yaitu, Kejahatan Perjudian 1 perkara, Kesehatan 3 perkara, Pencurian 5 perkara, Perlindungan Anak 3 perkara, Narkotika 13 perkara.

 

“Total barang rampasan yang di musnahkan diantaranya , Narkotika jenis sabu 192,79 gram Brutto / 27,56 gram Netto, jumlah narkotika jenis ganja sebanyak 10,0 gram brutto / 0,78 gram netto lalu jumlah Pil Koplo sebanyak 1.414 Butir pil, sedangkan barang bukti elektronik berupa handphone sebanyak 4 buah dan timbangan digital sebanyak 3 buah dan jumlah Barang-barang Lainnya dengan total 122 Buah” tutupnya.

 

(Red/Gusti Ayu)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *