Polsek Kediri Berhasil Ringkus Pelaku Penggelapan Mobil Rental

TABANAN, KABAR TUJUH – Unit Reskrim Kepolisian Sektor (Polsek) Kediri berhasil Mengamankan dan mengungkap kasus tindak pidana penipuan dan penggelapan kendaraan rental. Adalah Ni Gusti KH (54) pelaku penggelapan mobil rental Avansa Hitam DK 1397 GT di Kosan Banjar Dukuh Gong, Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung.


Peristiwa bermula, pelaku datang ke Usaha Makmur Rent Car milik pelapor H. MOCH IRFANSYAH (38) yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto II No. 21, Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri-Tabanan dengan maksud menyewa 1 unit kendaraan Toyota Avanza No.Pol : DK 1397 GT, selama 4 hari dengan alasan dipergunakan untuk mengecek tanah yang ada di Negara karena terlapor mengaku sebagai calo tanah. 


Pada saat habis masa sewa kendaraan yaitu pada tanggal 29 Mei 2022, pelapor menghubungi terlapor untuk mengatakan bahwa masa sewa kendaraan telah habis dan terlapor menjawab akan memperpanjang sewa kendaraan.


Namun, karena merasa curiga akhirnya pemilik mobil mencari keberadaan terlapor dan mendapat informasi dari terlapor bahwa kendaraan tersebut telah digadaikan. 


Setelah mendapat laporan, Kapolsek Kediri Kapolsek Kediri Kompol Kadek Ardika memerintahkan Unit Reskrim yang dipimpin AKP I Wayan Suta Arcana untuk melakukan penyelidikan secara intensif, tak berselang lama Kemudian Team memproleh informasi Dari informan di mana tempat pelaku ngekos, selanjutnya team mengarah ke lokasi menangkap dan mengamankan pelaku untuk di introgasi lebih lanjut.


“Dari hasil introgasi, Pelaku mengakui menyewa Dan Menggadai mobil korban lantaran faktor ekonomi” Beber Kapolsek.


Selain mengamankan pelaku, sambung Kapolsek, Pihaknya mengamankan barang bukti berupa Nota sewa kendaraan dan 1 Unit Motor yang digunakan sebagai jaminan kepada korban.


Kejahatan ini dengan modus Operandi tersangka menyewa unit mobil di tempat usaha korban rental kemudian digadaikan” ungkapnya.


kapolsek juga menghimbau Bagi masyarakat luas, Khususnya pengusaha rental mobil/sepeda motor agar lebih berhati-hati, jika ada para pelaku penggelapan/penipuan meminta uang tebusan agar mobil di kembalikan, laporkan saja ke pihak berwajib, bukti surat sewa-menyewa pelaku bisa di jerat hukum.


Akibat dari peristiwa tersebut pelapor/korban mengalami kerugian sebesar Rp 160 juta dan selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke SPKT Polsek Kediri untuk proses lebih lanjut. (Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *