Kapolres Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah PPS


Jembrana, Kabar tujuh – Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada pemilihan umum tahun 2024 se-Kabupaten Jembrana oleh Ketua KPU Jembrana I Ketut Gde Tangkas Sudiantara di Wantilan Pura Jagatnatha Jembrana, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan/Kabupaten Jembrana, Selasa (24/1/2023). 


Selain Kapolres, turut hadir Bupati Jembrana, Ketua DPRD, Dandim 1617/Jembrana diwakili Kasdim 1617/Jembrana, Kajari Jembrana diwakili Kasubsi Intel Kejari Jembarana, Ketua Pengadilan Negeri Negara diwakili oleh Waki Ketua Pengadilan Negeri Negara, Ketua KPU Provinsi Bali diwakili oleh Divisi Data KPU Prov. Bali, Ketua KPU Kab. Jembrana, Ketua Bawaslu, Kaban Kesbang Pol Kab. Jembrana diwakili Kabid Poldagri dan Ormas, Kabag Ops Polres Jembrana, Kasat Intelkam Polres Jembrana, Camat se-Kabupaten Jembrana, Ketua PPK se-Kab. Jembrana beserta anggota, Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kab. Jembrana yang dilantik sebanyak 153 orang, dan para Rohaniawan masing-masing Agama.


Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa, kemudian pembacaan surat keputusan Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jembrana oleh Kasubag Hukum KPU Jembrana I Komang Giri, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada pemilihan umum tahun 2024 oleh Ketua KPU Kab. Jembrana I Ketut Gde Tangkas Sudiantara.


Lanjut rangkaian acara diisi dengan pengambilan sumpah oleh saksi serta penandatanganan integritas oleh perwakilan PPS dan pembacaan kata-kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jembrana untuk Pemilihan Umum tahun 2024.


Sambutan Ketua KPU Provinsi Bali yang dibacakan oleh Divisi Data KPU Prov. Bali I Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya menyampaikan bahwa, Panitia Pemungutan Suara mempunyai peranan yang sangat strategis dalam fungsinya sebagai pelaksana teknis dalam melaksanakan seluruh kebijakan pada penyelenggaraan tahapan Pemilu serta 2024 di tingkat Desa/Kelurahan harus mampu menyikapi dengan arif dan tegas segala kewajiban yang dibebankan kepada panitia pemungutan suara dalam menjalankan tugas.


“Sehubungan berpacunya kita dengan waktu kami berharap kepada Bapak/Ibu anggota panitia pengendara yang baru dilantik untuk secepatnya menetapkan struktur organisasi panitia pemungutan suara serta berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di wilayah kerjanya masing-masing sehingga nanti secara cepat sudah mampu menyusun program kerja atau kegiatan dalam melaksanakan tahapan-tahapan pemilu selanjutnya dan saya mengucapkan selamat kepada Bapak Ibu anggota panitia pemungutan suara yang baru saja dilantik semoga kita mampu menemukan amanah ini dan mampu mewujudkan pemilu yang sukses jujur adil dan damai,” ujarnya.


Sementara itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyampaikan kepada seluruh Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang baru saja dilantik dan diambil sumpah/janjinya saudara nantinya mempunyai tugas yang sangat penting dalam mengawal seluruh rangkaian proses Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.


Ditempat yang sama, Kapolres Jembrana berpesan “Bangunlah tim work yang solid, dan cermati regulasi yang mengatur pelaksanaan Pemilu, jangan sampai dalam tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum terjadi pelanggaran hukum yang akan dapat mencederai kehormatan demokrasi itu sendiri,” pesannya.


“Kepada Pengurus Seluruh Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang sudah dilantik saya ucapkan selamat bekerja, bangunlah selalu koordinasi yang baik dengan para stakeholder yang ada, agar mampu melaksanakan Pemilu dengan menjunjung prinsip: Mandiri, Jujur, Adil, Berkepastian Hukum, Tertib, Terbuka, Proporsional, Profesional, Akuntabel, Efektif dan Efisien,” sambungnya.


(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *