KAPOLRES BESERTA IBU TAMPIL DALAM PARADE BUSANA TENUN JEMBRANA


Kapolres Jembrana beserta Ibu Tampil Mengikuti Kegiatan Parade Busana Tenun Jembrana 


Jembrana, Kabar Tujuh – Sambut hari Kartini Ke-143, Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. beserta Ibu turut hadir mengikuti kegiatan Parade Busana Tenun Jembrana,  dengan tema “Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Peran Perempuan Dalam Berkarya Bagi Keluarga” yang dibuka oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba, S.H., di angkringan negaroa bahagia, Desa Baluk, Kecamatan Negara, kabupaten Jembrana, Kamis (21/4) malam.


Tampak hadir Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana Ny. Chandrawati Tamba, Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna, ST., MT. beserta Ibu, Dandim 1617/Jembrana diwakili Kasdim, Ketua DPRD Jembrana, Kepala Kejaksaan Negeri Jembrana, Ketua Pengadilan Negeri Negara, Sekda, para Asisten dan Staf Akhli Setda Kab. Jembrana, para OPD Kab. Jembrana, Kancab BPBD Kab. Jembrana, para Camat se-Kab. Jembrana, Kapolsek Negara, dan para peserta Parade Busana Tenun Jembrana dengan keseluruahan yang hadir sekitar 52 orang.


Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan doa, kemudian dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia oleh Drh. Dwi Mandiani pada intinya menyampaikan bahwa Parade Busana Tenun Jembrana merupakan Program Kerja POKJA II Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana untuk melestarikan produk kearifan lokal Jembrana yakni Tenun khas Jembrana sehingga dengan mengenalkan tenun Jembrana sebagai busana, tenun Jembrana akan dikenal luas oleh masyarakat. 


“Pembiayaan kegiatan Parade Busana ini adalah dari APBD Kab. Jembrana serta donasi dari donatur,” ucap Ketua Panitia.


Sambutan Bupati Jembrana I Nengah Tamba, S.H. menyampaikan, pada kesempatan ini kita dapat bertemu pada momen yang sangat istimewa guna mengikuti Parade Busana Tenun Jembrana dalam rangka memperingati Hari Kartini ke-143 Tahun 2022 di Angkringan Negaroa Bahagia ini.


Bupati mengatakan Raden Ajeng Kartini merupakan salah satu sosok pejuang perempuan Indonesia yang tanpa pamrih menjadikan kaumnya agar mempunyai hak yang sama dengan kaum laki-laki. Atas perjuangan RA Kartini itulah, saat ini kita bisa melihat perempuan-perempuan Indonesia tidak hanya menjadi ibu rumah tangga yang mumpuni, tetapi juga ikut berpartisipasi dalam memberi warna kehidupan masyarakat dengan berbagai kegiatan-kegiatan pembangunan dan sosial yang hebat.


“Perempuan merupakan salah satu aktor dan aset dalam pembangunan ekonomi modern, mengingat jumlahnya yang sangat besar, sehingga sangat beralasan apabila potensi besar perempuan itu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Jembrana untuk mewujudkan Masyarakat Jembrana Bahagia Berlandaskan Tri Hita Karana,” terangnya.


“Pada kesempatan yang berbahagia ini, sebagai Pimpinan Daerah, saya sangat mengapresiasi kegiatan Parade Busana Tenun Jembrana ini sebagai bentuk tanggung jawab terhadap keberadaan dan pelestarian produk kearifan lokal Bali, khususnya Kain Tenun Tradisional Jembrana, sehingga menjadi 5 kewajiban setiap elemen masyarakat tanpa terkecuali dan alasan, untuk menjaga kelestarian tenun Jembrana,” sambung Bupati.


Bupati Tamba mengatakan salah satu cara melestarikan kain tenun tradisional Jembrana yaitu dengan menggunakan kain tenun Jembrana sebagai busana sehingga kain tenun Jembrana semakin dicintai dan dikenal masyarakat luas. Disamping itu dengan menggunakan produk tenun Jembrana kita membangkitkan perekonomian pengerajin Jembrana untuk bangkit kembali, menyongsong Jembrana Emas Tahun 2026. Kegiatan Parade Parade Busana Tenun Jembrana merupakan ajang silahturahmi dan meningkatkan rasa kekeluargaan. Jangan malu untuk tampil atau takut salah karena kegiatan ini tidak mencari pemenang, semua akan mendapat door prize. 


“Mari kita sejenak meninggalkan rutinitas dengan menjalin keakraban, berekspresi dan mengeluarkan emosi kita di atas panggung, sehingga timbul imun baru untuk berkarya kembali,” imbuhnya.


Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan Parade Busana Tenun Jembrana dalam rangka memperingati Hari Kartini Ke-143 Tahun 2022. Selanjutnya penyerahan Buket/Bunga Anggrek oleh Bupati Jembrana yang didampingi Wakil Bupati Jembrana kepada para peserta parade Busana Tenun Jembrana Tahun 2022. Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan doorprize oleh Bupati Jembrana kepada para peserta parade Busana Tenun Jembrana Tahun 2022 dan dilanjutkan dengan sesi poto bersama.


Disela-sela kegiatan tersebut Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. mengatakan, adapun maksud dan tujuan dilaksanakan Parade Busana Tenun Jembrana ini adalah sebagai wujud kepedulian terhadap tenun Jembrana dengan menggunakan sebagai busana, sehingga tenun Jembrana makin dicintai, dikenal masyarakat serta pengerajin tenun/kelompok tenun yang ada di Jembrana bangkit kembali dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat sesuai dengan harapan mewujudkan masyarakat Jembrana bahagia berlandaskan Tri Hita Karana. 


“Selamat Hari Kartini yang ke-143, semoga peringatan Hari Kartini tahun ini dapat menjadi momen kebangkitan kaum perempuan, untuk ikut berpartisipasi dan berusaha memberikan yang terbaik bagi kemajuan pembangunan Kabupaten Jembrana,” ucap Kapolres.


(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *