KAKANWIL KEMENKUMHAM BALI TERIMA AUDIENSI THE PEOPLE LAW CENTER BY DUTA BINA BHUANA FOUDATION


Denpasar, Kabar Tujuh – The People’s Law Centre by Duta Bina Bhuana Foundation menggelar audiensi dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali, Jamaruli Manihuruk di Ruang Arjuna Kanwil Kemenkumham Bali, Selasa (26/4/2022) lalu. 


Dalam kegiatan tersebut, Kakanwil Kemenkumham Bali, didampingi Kepala Devisi Keimigrasian Doni Alfisyahrin dan Plt. Kepala Bidang Hukum Ni Wayan Armasanthi, Kepala Sub Bidang Dokumentasi dan Informasi Hukum I Putu Surya Dharma, serta jajaran dari divisi keimigrasian dan bidang hukum.


Di hadapan para pejabat Kemenkumham wilayah Bali, The People’s Law Centre by Duta Bina Bhuana Foundation menyampaikan tujuan audiensinya yaitu akan bekerjasama dengan Kanwil Kemenkumham Bali, khususnya kepada pihak imigrasi dan hukum untuk membantu warga negara asing (WNA) terkait dengan bantuan hukum saat berada di Bali.


Mengingat saat ini sudah semakin banyak kompetensi di dunia pariwisata. Dan Indonesia khususnya Bali akan bersaing dengan negara-negara di Asia seperti China, Thailand, dan Hongkong. Karena itu, Duta Bina Bhuana Foundation ingin bekerjasama untuk menarik wisatawan asing datang ke Bali. Tentunya hal itu harus dengan memberikan bantuan layanan hukum dan beberapa kebijakan imigrasi yang akan diterapkan kepada orang asing yang ada di Bali.


Menyikapi perihal itu, Kakanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk menyampaikan terimakasihnya dan mengapresiasi kedatangan Duta Bina Bhuana Foundation dalam membantu para WNA yang ada di Bali.


“Kami sangat apresiasi. Tapi perlu diketahui ada satu program Kanwil Kemenkumham Bali terkait dengan bantuan hukum yaitu Pos Pelayanan Hukum dan HAM Desa (Posyankumhamdes),” ujarnya.


Pun terhadap program Posyankumhamdes itu, kata Manihuruk, telah diresmikan oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly pada 2020 lalu, yang jumlahnya sebanyak 121 desa.


“Saat ini di Bali sudah menyebar dan berkembang mencapai 325 desa, imbuhnya.


Di mana salah satu tugas dan fungsi dari Posyankumhamdes yaitu memberikan pelayanan bantuan hukum kepada masyarakat desa maupun para warga negara asing oleh Paralegal. 


“Jadi kedatangan The People’s Law Centre by Duta Bina Bhuana Foundation ini diharapkan dapat menjalin kerjasama serta sinergitas dalam memberikan bantuan hukum kepada masyarakat dan orang asing di Bali,” tutupnya. (Rahardja/Ateng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *