JELANG LEBARAN, EMPAT DARI PULUHAN PELAKU C3 DIPELOR POLISI


Denpasar, Kabar Tujuh – Jelang Lebaran, Polda Bali bersama jajaran berhasil mengungkap 54 kasus 3C (curat, curas dan curanmor) serta menangkap 66 pelaku dalam Operasi Sikat Agung 2022 yang digelar selama 15 hari, dari 10 hingga 25 April 2022.


Selama operasi tersebut, aksi kejahatan masih di dominan oleh kasus curanmor. Bahkan dari puluhan pelaku yang diamankan empat orang ditembak kakinya karena melawan saat ditangkap. 


Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Bali, AKBP Suratno dalam keterangan tertulis menyatakan, bahwa operasi itu dilaksanakan untuk menciptakan situasi Bali yang aman dan kondusif menjelang Idhul Fitri.


“Operasi ini, Polda Bali dan jajaran berhasil memburu puluhan pelaku. Empat orang diberi tindakan tegas terukur terarah karena tidak kooperatif,” ujar Suratno, Jumat (29/4).


Untuk rincian kasus curanmor, pencurian mobil ada sebanyak 4 kasus dan sepeda motor 31 kasus. Para pelakunya memanfaatkan situasi sepi, menyasar kendaraan khususnya sepeda motor yang diparkir dan kuncinya masih nyantol.


“Kami imbau pemilik kendaraan roda dua untuk memasang kunci pengaman ganda,” katanya 


Temuan terbesar saat ini masih diduduki Polresta Denpasar dan Polres Badung. Di mana wilayah Seminyak dan Kuta, masih disebut-sebut sebagai lokasi khusus (lokus) utama kejahatan yang dilakukan para pelaku.


“Kejahatan ini karena ada kesempatan, tapi memang terutama daerah-daerah tujuan wisata atau pemukiman penduduk seperti Seminyak dan Kuta,” tandasnya. 


Terhadap 66 pelaku yang diamankan selama operasi terdiri dari 32 orang palaku kasus curat, 6 orang curas, 30 curanmor. Sementara 2 orang diantaranya masih di bawah umur. Mereka melakukan aksi pencurian sepeda motor karena didasari atas niat, yakni cara membobol saat kunci bergantung di kendaraan.


(Rahardja)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *