Hari Buruh Internasional, Ciptakan Tenaga kerja Handal dan Berkwalitas


Jembrana, Kabar Tujuh – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jembrana yang diwakili Kasi Intelejen Wuryanto menghadiri acara May Day (Hari Buruh) Tahun 2022, di Lantai II Gedung Kesenian Dr. Ir. Soekarno, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Sabtu (21/5) pagi, diwarnai dengan kegiatan Donor darah, pemberian paket sembako dan pasar murah.


Acara tampak dihadiri, Bupati Jembrana I Nengah Tamba beserta Ibu, Dandim 1617/Jembarana yang diwakili oleh Pasi Inteldim Lettu Czi Ida Kade Putra, Kapolres Jembrana diwakili Wakapolres Kompol Losa Lusiano Araujo, Sekda Drs. I Made Budiasa beserta 

Asisten, Para OPD, Camat se-Kab. Jembrana, Ketua SPSI Sukirman, Kepala BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan.


Laporan Kadis Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Made Gede Budiartha, menyampaikan, Dalam kegiatan peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) Tahun 2022 dengan mengambil Tema “Semangat Kebersamaan Untuk Membangun Hubungan Industrial yang Harmonis menuju Jembrana Emas 2026” serta dilaksanakan kegiatan sosialisasi dengan tujuan apa sebagai kewajiban pengusaha dan apa sebagai hak karyawan sehingga terjadi hubungan yang harmonis serta dilaksanakan kegiatan Donor darah, pemberian paket sembako dan pasar murah, dan dalam kegiatan sosialisasi dilaksanakan doorprize.


Sementara itu, Bupati Jembrana mengatakan ditengah sambutannya, “Saya memberikan apresiasi serta mendukung penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi Jaminan Sosial terhadap tenaga kerja, Donor darah, Pasar Murah dan pemberian paket sembako dalam bingkai memperingati hari buruh sedunia sebagai salah satu komitmen implementasi dan komitmen pemerintah Kabupaten Jembrana beserta dengan segenap buruh/pekerja untuk menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Jembrana” sambutnya.


“Peringatan hari buruh Internasional (May Day) yang kita peringati setiap tanggal 1 Mei pada dasarnya dapat dijadikan momentum untuk mengingatkan kita semua akan pentingnya komitmen untuk membangun kembali hubungan industrial yang bermartabat, dan berkeadilan memupuk dunia hubungan ketenagakerjaan yang harmonis antara pekerja, pengusaha dan Pemerintah (Tripartit), sekaligus sebagai momentum untuk mengurai permasalahan dan problematika ketenagakerjaan serta gejolak ketenagakerjaan yang kita hadapi selama ini” tambahnya.


Dengan adanya kemitraan antara dunia usaha dengan pekerja yang berjalan baik, sehat dan dinamis disatu sisi akan mendorong tumbuhnya dunia usaha serta disisi lainnya akan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan pekerja. Pada tatanan yang lebih luas lagi, tumbuhnya dunia usaha akan berdampak selaras dengan terciptanya lapangan pekerjaan , ekonomi akan tumbuh dan manfaatnya tentu akan dirasakan seluruh masyarakat.


“Di Tahun 2021 dari data Investasi Periode Agustus sampai dengan Desember 2021 Investasi yang sudah masuk ke Kabupaten Jembrana sebesar Rp. 283 Milyar dengan tenaga kerja yang terserap sebanyak 5.158 Orang dan data investasi dari Januari sampai dengan april sebesar Rp. 1,7 Triliun dengan jumlah tenaga kerja yang terserap 8.442 orang. Investor tersebut diantaranya Udang Paname, Mitra Prodin, Pabrik Es Kristal , Hotel Lost Lindenberg, Industri Serat Serabut Kelapa, Oleh karena itu, melalui Hari Buruh Internasional (May Day) saya berharap dapat dijadikan tonggak bagi seluruh pekerja untuk mampu bersaing melalui peningkatan keterampilan, kompetensi wawasan dan pengetahuan, dengan demikian kita mampu beradaptasi serta bersaing dalam percaturan bidang ketenagakerjaan sehingga tema May Day 2022, SEMANGAT KEBERSAMAAN UNTUK MEMBANGUN HUBUNGAN INDUSTRIAL YANG HARMONIS MENUJU JEMBRANA EMAS 2026 dapat terwujud” tutupnya.


Ditempat terpisah, Senada dengan Bupati Jembrana, Kasi Intelejen Kejaksaan Negeri Jembrana, Wuryanto mengatakan, Berharap bagi intansi Pemerintah yang membidangi ketenagakerjaan maupun dunia usaha, dapat bersama-sama bersinergi secara proaktif serta menyeluruh dalam rangka meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, tenaga kerja semakin handal dan berkwalitas, serta memiliki penguasaan pengetahuan yang tinggi, sehingga lebih siap menghadapi persaingan baik untuk lingkup Regional, Nasional maupun Global, baik dengan motifasi, pelatihan, pengembangan kerja, kompensasi dan promosi, sehingga tenaga kerja kita dapat menjadi sumber daya yang efektif” jelasnya saat diwawancara seusai acara. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *