BUPATI JEMBRANA SERAHKAN DANA PENGABENAN KOLEKTIF

Bupati Tamba saat serahkan Dana Pengabenan Kolektif secara simbolis kepada panitia.


Jembrana, Kabar Tujuh – Guna meringankan beban masyarakat dalam melaksanakan upacara agama (pitra yadnya), pemerintah kabupaten Jembrana telah mengalokasikan dana pengabenan secara kolektif (atma wedana) di masing-masing kecamatan.


Sebelumnya, pemerintah kabupaten Jembrana telah menyerahkan dana bantuan di kecamatan Melaya yang digelar di Desa Adat Sumbersari. Kali ini giliran kecamatan Negara yang menggelar atma wedana secara gratis. 


Bantuan senilai Rp 275 juta tersebut diserahkan langsung Bupati Jembrana I Nengah Tamba di desa Adat Dharma Laksana, Kaliakah kecamatan Negara, Senin (16/5).


Nengah Sudama selaku panitia mengatakan, pelaksanaan ngaben dan metatah kolektif (atma wedana) di desa adat Dharma Laksana, Kaliakah diikuti total 246 peserta. “Dari 246 peserta tersebut diantaranya, upacara Nyekah 96 peserta, mungkah 5 peserta, ngelungah 105 peserta dan metatah 40 peserta,” jelas Sudama.


Sementara itu, Bupati I Nengah Tamba mengatakan, bantuan yang diberikan tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada desa adat dalam meringankan beban masyarakat dalam melaksanakan upacara agama (pitra yadnya). 


“Kita selaku pemerintah kabupaten Jembrana telah mengalokasikan dana pengabenan secara kolektif (atma wedana) di masing-masing kecamatan. Semoga bantuan ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya,” pungkas Bupati asal Kaliakah tersebut.


Dengan berlangsungnya upacara pitra yadnya ditempat tersebut, Bupati juga selalu mewanti-wanti agar masyarakat selalu menjaga kebersihan di areal tersebut. “Ini penting untuk selalu dilaksanakan. Tidak berlaku disini saja, tetapi ditempat lainnya juga. Tadi saya lihat disini sudah bagus, bersih, jadi pertahankan terus kedepannya,” pungkasnya. (Red/yogi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *