Berbagi Kiat Diseminasi Dalam Kolaborasi Kominfo dan FK Metra

Bandungan Semarang, Kabar Tujuh – Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Berbagi Kiat Kolaborasi FK Metra dalam Diseminasi Informasi di Rakor Jateng. Kolaborasi antara Dinas Kominfo dan Forum Komunikasi Media Tradisional atau FK Metra dalam rangka diseminasi informasi merupakan hal yang penting.

 

Peran dari kelompok seni tradisional tidak hanya tampil dalam pertunjukan semata, namun juga terlibat dalam pembuatan narasi yang sesuai jenis seni pertunjukan yang dipentaskan.

 

Demikian disampaikan Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Tegal, Kusnianto dalam Sarasehan dan Rakor FK Metra Jateng di Bandungan, Kabupaten Semarang, Rabu-Kamis, (6-7 Maret 2024)

 

Dalam kegiatan yang digelar oleh Dinas Kominfo Jawa Tengah ini, Kusnianto memaparkan pola kerja sama dan sinergitas Dinas Kominfo Kabupaten Tegal dan FK Metra.

Menurut Kusnianto, peran aktif para seniman yang tergabung dalam FK Metra tidak sebatas diperlukan saat lomba pertunjukan.

 

^Kami juga melibatkan FK Metra dalam sosialisasi sejumlah program pemerintah maupun lembaga lain, seperti media gathering, gempur rokok ilegal dan rencana ke depan kita akan jalin kerjasama dengan KPU dan Bawaslu dalam sosialisasi Pilkada,”papar Kusnianto.

 

Dalam sarasehan yang dipandu oleh Ketua FK Metra Jateng Daniel Hakiki ini, Kusnianto mengungkapkan dengan kolaborasi dan kerjasama ini maka diseminasi informasi akan tepat sasaran dan tepat makna.

 

Betapa tidak, lanjut Kusnianto, narasi naskah berupa teks kemudian dikemas dalam bentuk jenis kesenian seperti pesan Gempur Rolok Ilegal di wayang sinema cukup menarik dan masyarakat antusias.

“Hasil kerjasama yang baik inilah, kami mendapat apresiasi dari Bea Cukai untuk pentas di sejumlah titik,” tandas Kusnianto.

 

Materi pemaparan dari Dinas Kominfo Kabupaten Tegal ini menjadi pemantik dalam acara sarasehan yang diikuti peserta Dinas Kominfo dan FK Metra dari 35 kabupaten dan kota.

 

Diskusi menghangat saat peserta menyampaikan kendala dan potensi keberadaan FK Metra dalam perannya sebagai penyampai pesan program pemerintah dalam bentuk media tradisional.

 

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Jateng Muh Faizin mengatakan, dalam rangka meningkatkan eksistensi dan pengembangan FK Metra khususnya dalam mensosialisasikan program kebijakan pemerintah daerah Provinsi Jateng , pihaknya kembali akan menggelar lomba pertunjukan rakyat yang diikuti seluruh kab / kota pada bulan mei s/d Juni 2024 dengan hadiah mencapai hampir 60 juta .

 

Pada kesempatan itu Anggota DPRD Jateng Sukirno berharap, agar FK Metra di kabupaten/ kota dapat berkoordinasi dan bekerja sama dengan dinas dan perangkat daerah untuk mensosialisasikan program dan kebijakan dinas tersebut kepada masyarakat melalui pertunjukan rakyat.

 

( Herlambang Putra )

Penulis: Herlambang Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *